Monday, October 17, 2011

Perilaku Dalam Berorganisasi (Resume 1) ~ Perilaku Dalam Keorganisasian

===========================
Rizal Miftahus Salmi (10.39010.0057)
===========================

PERILAKU DALAM KEORGANISASIAN


Perilaku Organisasi adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari bagaimana seharusnya perilaku tingkat individu, tingkat kelompok, serta dampaknya terhadap kinerja (baik kinerja individual, kelompok, maupun organisasi).

Keberhasilan Organisasi ditentukan dengan berbagai macam faktor :
  1. Mampu tidaknya manajer menjalankan fungsi manajemennya.
  2. Tersedianya tenaga operasional yang terampil sesuai dengan bidangnya.
  3. Tersedianya anggaran yang memadai.
  4. Tersedianya sarana dan prasarana kerja.
  5. Adanya mekanisme kerja yang sesuai.
  6. Iklim kerja yang positif
Apa yang dilakukan manajer?
  1. Menyelesaikan suatu pekerjaan melalui orang lain.
  2. Membuat keputusan, mengalokasikan sumber daya, dan mengarahkan kegiatan lain untuk mencapai tujuan.
  3. Melakukan pekerjaan mereka di organisasi.
Fungsi Manajemen
  1. Planning
  2. Mendefinisikan tujuan, membangun strategi, dan mengembangkan rencana untuk mengkoordinasikan seluruh kegiatan.
  3. Organizing
  4. Menentukan apa tugas-tugas yang harus dilakukan, siapa yang melakukannya, bagaimana tugas-tugas harus dikelompokkan, siapa melapor kepada siapa, dan dimana keputusan dibuat.
  5. Actuating
  6. Memotivasi karyawan, mengarahkan kegiatan orang lain dalam sebuah tim yang baik.
  7. Controlling
  8. Proses pemantauan kinerja, membandingkannya dengan tujuan, dan mengoreksi setiap penyimpangan yang terjadi secara signifikan.
Peran Manajer Menurut Henry Mintzberg (Donelly et al, 1987)
  • Dalam mempelajari aktifitas para manejer puncak menyimpulkan bahwa hari-hari kerja seorang manajer dipenuhi dengan berbagai kegiatan yang dapat dikelompokkan dalam 3 macam peran :
    1. Peran Antarpribadi
      • Tokoh
      • Pemimpin
      • Penghubung
    2. Peran Informasional
      • Wirausaha
      • Pengatur Gangguan
      • Alokator Sumber Daya
      • Perunding
    3. Peran Keputusan
      • Pemantau
      • Penyebar
      • Juru Bicara
Keterampilan Umum Manajer (Henry Fayoll dan Katz)
  • Technical Skills
  • Interpersonal / Human Skills
  • Conceptual Skills
Kebutuhan Keterampilan di Tingkat Manajemen

Kontribusi Manajemen Menuju Efektifitas

Kesimpulan Perilaku Organisasi (Organization Behaviour)
  • OB merupakan cara berfikir pada tingkat individu, kelompok, dan organisasi.
  • OB bersifat yang menggunakan prinsip, model, teori, dan metode.
  • OB berorientasi kemanusiaan yaitu manusia dan perilakunya seperti persepsi, kapasitas pembelajaran, kepribadian dan motivasi dalam bekerja.
  • OB berorientasi kinerja
  • OB berhubungan dengan faktor eksternal
  • OB sangat tergantung pada metode ilmiah yang menuntut rasionalitas
Disiplin Ilmu dalam OB
  1. Psikologi
  2. Ilmu yang berusaha mengukur, menjelaskan dan kadang mengubah perilaku dan binatang lain secara inividu (problem kelelahan, stress persepsi, kepribadian, pelatihan, dll)
  3. Sosiologi
  4. Mempelajari sistem sosial dimana individu-individu mengisi peran-peran mereka (dinamika kelompok, desain tim, budaya organisasi, struktur komunikasi, konflik, dll)
  5. Psikologi Sosial
  6. Memadukan konsep-konsep psikologi dan sosiologi. Fokus pada pengaruh orang pada orang lain (pola komunikasi, proses pengambilan keputusan kelompok, dll)
  7. Antropologi
  8. Mempelajari masyarakat dan kegiatannya, budaya dan lingkungannya. (lingkungan organisasi, budaya nasional, dll)
  9. Politik
  10. Mempelajari perilaku individu dan kelompok dalam suatu lingkungan politik (mstruktur konflik, alokasi kekuasaan, manipulasi kekuasaan, dll)
Tantangan OB
  • Responding to Globalization
  • Improving quality and productivity
  • Improving people’s skill
  • Managing workforce diversity
  • Empowering people
  • Coping with temporariness
  • Stimulating innovation and change
  • Improving ethical behavior
  • Declining employee loyalty

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More