Thursday, August 11, 2011

Share Training Of Trainer (TOT) 2011 Experience

OKK 2011 Stikom Surabaya sebentar lagi akan di mulai. Yap, semuanya tinggal menghitung hari saja. Segala persiapan terus di matangkan dengan pemikiran-pemikiran jenius para panitia. Memang gila, tahun ini semua konsep berbeda. Kalau bukan ide gila dari Ketua Pelaksana (Kak Cams), ini semua tak akan pernah terjadi. Memang segala hal itu harus ada yang mengawali. Kalau tidak, sampai kapanpun akan tetap stagnant alias tidak berubah sama sekali.

Sejenak kembali teringat pengalaman pada saat Training Of Trainer (TOT) 2011 di Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia (YPPI-Trawas) Mojokerto. Saat itu semuanya sedang berlatih untuk menjadi pelatih. Disana kita menerapkan apa yang di sebut JUPE DATANG (JUjur, PEduli, cerDAs, dan TANGguh). Tidak tanggung-tanggung, ketika baru datang, kita sudah di beri games yang memaksa kita untuk Out Of The Box. Disini pula kecerdasan kita di uji. Sangking cerdasnya, sampai ada yang mencoba menyelesaikan dengan cara arab. Hehe. Kejujuran kami juga di uji ketika kami sedang bermain salah satu permainan yang menuntut kita untuk membawa kelapa sesuai jalan yang telah di tentukan. Kita harus jujur tentang berapa kali kita menjatuhkan kelapa. Kita juga harus selalu peduli dengan rekan kita. Jadi kita harus selalu mengutamakan team work dan tidak ada yang nganggur. Masih teringat dengan game yang harus dilakukan dengan kerja sama. Disana kita harus menutup semua lubang agar tidak ada air yang keluar. Ketangguhan kita di uji karena berapa posisi lubang berada di bawah air. Kebetulan saya mengambil posisi di bawah sehingga harus menahan derasnya air dari atas sambil mengatur nafas karena posisi kepala hampir tenggelam. Kami bersyukur karena kami berhasil melewati permainan itu dengan sukses. Saya berada di team 4G bersama dengan rekan-rekan saya yang tangguh. Dan semua pengorbanan kami terbayar sudah, karena pada saat pengumuman team terbaik, nama team kami muncul sebagai team terbaik dan kami sangat bersyukur. :)

Ini adalah pengalaman pribadi saya yang mungkin bisa memberikan inspirasi kepada siapa saja yang membacanya. Terimakasih telah membaca cerita saya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More